Air Terjun Tercantik – Madakaripura Bromo Tengger Semeru

Air Terjun Tercantik – Madakaripura Bromo Tengger Semeru – Air terjun Madakaripura adalah suatu air terjun terunik di Jawa. Dia terletak di Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Air terjun ini adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun setinggi 200 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Air terjun Madakaripura berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.

Air Terjun Tercantik - Madakaripura Bromo Tengger Semeru

Perjalanan dari Tongas ke Madakaripura penuh dengan pemandangan bagus. Banyak tanaman pada di sepanjang jalan yang dilalui. Juga peternakan lebah madu. Kualitas jalan sudah cukup bagus dan terawat dengan baik. Akan lebih mengagumkan lagiketika sampai di pintu gerbang Madakaripura. Jika dibutuhkan, bisa menggunakan guide lokal untuk memandu menyusuri sungai menuju air terjun utama. Air Terjun Tercantik – Madakaripura Bromo Tengger Semeru

Perjalanan dari sini ke air terjun sangat indah dan memanjakan mata dengan pemandangan pohon-pohon besar, udara yang segar dan juga melewati sungai-sungai. Sepatu yang kuat, tahan air ataupun sandal gunung sangat disarankan untuk perjalanan ini. Perjalanan menempuh kurang lebih 1 jam ketika kemudian Anda merasakan dinginnya sekitar dan juga air yang meloncat-loncat ke tubuh Anda. Maka dari itu, baju ganti, jas hujan ataupun payung sangat disarankan. Biasanya untuk ke tempat wisata ini bisa digabungkan dengan berwisata ke gunung bromo, untuk mempermudah akses dan transportasi maka kami sarankan untuk mengikuti paket wisata bromo yang banyak disediakan oleh travel wisata seperti https://paket-bromo.net

Ada beberapa air terjun kecil yang harus dilewati sebelum mencapai air terjun utama. Anda masih harus menaiki tebing yang cukup licin dan sempit. Tapi semua usaha itu akan terbayar ketika kita sampai di air terjun utama yang berdinding melingkar. Kita akan merasa berada di dalam botol. Sangat indah.

Sebaiknya, kunjungan ke Madakaripura dilakukan sebelum jam 14.00. Pada sore hari, hujan besar sering terjadi sehingga debit air terjun semakin membesar dan cenderung berbahaya. Bahkan seringkali pengunjung akan kesulitan keluar dari air terjun. Itulah karakteristik unik air terjun Madakaripura. Setelah keluar dari lokasi air terjun, perjalanan bisa dilanjutkan menuju Nguling untuk menikmati Rawon khas Jawa Timur, atau langsung naik menuju kawasan wisata Bromo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *