Inilah Cara Kerja Kompresor Udara

Cara Kerjanya: Kompresor Udara

kompresor udara

Bertahun-tahun yang lalu, sudah umum bagi toko-toko untuk memiliki sumber listrik pusat yang mendorong semua alat melalui sistem sabuk, roda, dan driveshaft. Kekuatan itu diarahkan di sekitar ruang kerja dengan cara mekanis. Sementara sabuk dan poros mungkin hilang, banyak toko masih menggunakan sistem mekanis untuk menggerakkan listrik di sekitar toko. Ini didasarkan pada energi yang tersimpan di udara yang di bawah tekanan, dan jantung dari sistem adalah kompresor udara.

Anda akan menemukan kompresor udara yang digunakan dalam berbagai situasi — dari stasiun gas sudut hingga pabrik-pabrik besar. Dan, semakin banyak, kompresor udara menemukan jalan mereka ke bengkel rumah, ruang bawah tanah, dan garasi. Model-model ini diatur untuk menangani setiap pekerjaan, mulai dari menggelembungkan mainan kolam renang hingga menyalakan alat-alat seperti paku, sander, bor, impact wrenches, stapler, dan senjata semprot kini tersedia melalui pusat-pusat rumah lokal, dealer alat, dan katalog. Lihat juga: gergaji mesin

Keuntungan besar dari kekuatan udara adalah bahwa setiap alat tidak membutuhkan motor besar sendiri. Sebaliknya, motor tunggal pada kompresor mengubah energi listrik menjadi energi kinetik. Ini membuat alat yang ringan, ringkas, mudah ditangani yang berjalan dengan tenang, dan memiliki lebih sedikit bagian yang aus.

 

Kekuatan kompresor

Salah satu faktor yang digunakan untuk menetapkan kekuatan kompresor adalah tenaga kuda motor. Namun, ini bukan indikator terbaik. Anda benar-benar harus mengetahui jumlah udara yang dapat diberikan kompresor pada tekanan tertentu.

Tingkat dimana kompresor dapat mengirimkan volume udara dicatat dalam kaki kubik per menit (cfm). Karena tekanan atmosfer memainkan peran dalam bagaimana udara cepat bergerak ke dalam silinder, cfm akan bervariasi dengan tekanan atmosfir. Ini juga bervariasi dengan suhu dan kelembaban udara. Untuk mengatur lapangan bermain, pembuat menghitung kaki kubik standar per menit (scfm) sebagai cfm di permukaan laut dengan 68 derajat F udara pada kelembaban relatif 36%. Nilai scfm diberikan pada tekanan spesifik-3,0 scfm pada 90 psi, misalnya. Jika Anda mengurangi tekanan, scfm naik, dan sebaliknya.

Anda juga dapat menjalankan peringkat yang disebut cfm perpindahan. Angka ini adalah produk perpindahan silinder dan rpm motor. Dibandingkan dengan scfm, ia menyediakan indeks efisiensi pompa kompresor. Baca pula: bor listrik

Peringkat cfm dan psi penting karena mereka menunjukkan alat-alat yang dapat dikemudikan kompresor tertentu. Ketika memilih kompresor, pastikan ia dapat memasok jumlah udara dan tekanan yang dibutuhkan alat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *